Jumat, 26 April 2013

GUNUNG TALANG SOLOK-SUMATERA BARAT


Gunung Talang merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari kota Arosuka ibukota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km sebelah timur kota Padang.
Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007[2].
Ada empat kecamatan yang warganya bermukim di sekitar kaki gunung ini, yakni kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar, Gunung Talang, dan Lembang Jaya. Jumlah penduduk di empat kecamatan itu mencapai 160.000 jiwa, atau sepertiga dari jumlah penduduk kabupaten Solok.
Pada 11 April 2005, Gunung Talang kembali meletus. Gempa yang diikuti bunyi gemuruh dan letusan yang mengeluarkan debu vulkanik sudah berlangsung sedikitnya 42 kali. Di Aia Batumbuak, lokasi terdekat dengan sumber letusan, hujan debu mencapai radius 5 km, sedangkan ketebalan debu di jalan mencapai 10 cm. Di sisi selatan Gunung Talang terbentuk kawah baru yang mengeluarkan asap belerang dan hujan berdebu vulkanik. Sebanyak 27.000 penduduk harus dievakuasi dari wilayah itu.

Wisata
Hutan Gunung Talang diselimuti hutan hujan tropis, dengan kehidupan berbagai flora dan fauna di dalamnya. Masih terdapat sekumpulan monyet liar yang akan anda temukan bergelantungan di atas pohon-pohon besar. Apalagi jika sedang bulan purnama, karena itu merupakan waktunya mereka kawin, dijamin suasana hutan akan semakin ramai dengan teriakan-teriakan dari monyet ini yang mencari pasangannya.
Selama dalam perjalanan menuju ke desa terdekat gunung ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang asri disertai perkebunan penduduk di sisi kiri dan kanan jalan. Setibanya di desa terdekat, anda dapat berjalan kaki menuju pintu rimba, melintasi jalanan yang sudah di lapis semen, dengan tetap melewati ladang penduduk yang nampak hijau dan sangat asri.
Disini pula anda dapat mengambil air untuk bekal selama pendakian. Air disini sangat jernih dan segar, anda dapat menggunakannya secara gratis tanpa di pungut biaya sedikit pun.
Memasuki pintu rimba, anda akan melewati jalur yang cukup landai dengan ditumbuhi semak dan hutan yang rapat. Disini terdapat banyak binatang pacat yang siap menempel di kaki. Sebaiknya periksa selalu kaki anda saat berada di lokasi ini. Jika anda meneruskan perjalanan, maka anda akan melewati beberapa tanjakan yang cukup terjal.
Anda dapat melewati jalur ini dengan berhati-hati agar tidak tergelincir. Vegetasi yang bisa anda jumpai adalah berupa pohon pandan liar yang tumbuh dengan besarnya. Setelah melewati tempat ini, maka anda akan tiba di tempat yang bernama Cadas dengan ketinggian sekitar 2500 Mdpl.
Tempat ini berupa lahan bebatuan dengan jalur yang cukup landai. Beberapa meter sebelum cadas ini, anda dapat mendirikan tenda untuk bermalam, karena di cadas tempatnya cukup terbuka sehingga angin dengan leluasa melewatinya sehingga tidak cocok untuk mendirikan tenda.
Dari cadas ini perjalanan dapat anda lanjutkan menuju puncak 1. Selama perjalanan, jika cuaca cerah maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan luas kota Solok dan sekitarnya. Selain itu, tempat ini pula ditumbuhi vegetasi bunga edelweiss dan cantigi yang sangat cantik.
Dijamin akan membuat perjalanan anda semakin bersemangat. Setibanya di puncak 1, kembali anda akan disuguhkan dengan pesona alam yang lebih menakjubkan. Dari atas sini akan terlihat pemandangan cantik danau di atas dan danau di bawah serta danau Talang.
Selain itu dari kejauhan terlihat pula danau Singkarak, gunung Kerinci, gunung Tujuh, gunung Marapi dan gunung Singgalang. Pemandangan yang bisa dinikmati ini dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini. Cukup untuk membayar kepenatan yang anda rasakan selama perjalanan.
Tidak sampai disini, perjalanan dapat anda teruskan menuju puncak sejati gunung Talang. Jalur yang dilalui akan semakin terjal, melintasi peralatan Seismograf milik BMKG dengan vegetasi semak dan tumbuhan bunga edelweiss.
Setibanya di puncak gunung Talang, jika anda sudah puas dengan pemandangan yang disuguhkan, maka anda dapat melanjutkan perjalanan menuju sisi Selatan untuk turun menuju kawah gunung Talang. Disini anda dapat bersantai menikmati suasana air kawah sambil menyantap bekal yang dibawa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar